Jumat, 30 Maret 2018

Kelas II/2-Bab 1-Senang Bisa Membaca Al Qur'an

 



Kelas II/2-Bab 1-Senang Bisa Membaca Al Qur'an

A. Surat Al Ashr ( Masa/Waktu)
.
Surat yang ke 103, di turunkan di Mekah ( Makiyah), terdiri dari 3 ayat. Nama surat di ambil dari ayat pertama. Di dalam surat ini Allah bersumpah dengan Waktu. Surat Al Ashr itu sesudah surat At Takasur( Bermegah-megahan) dan sebelum surat Al Humazah ( Pengumpat ).
.
B. Kandungan isi Surat Al Ashr
Di dalam surat ini Allah bersumpah denhan waktu baik pagi, siang dan malam. Waktu sangat penting bagi manusia. Barang siapa tidak menggunakan waktu dengan baik maka akan rugi. Manusia yang beruntung adalah yang beriman, beramal sholeh dansaling menasehati dalam kebaikan, sedangkan yang rugi adalah orang yang tidak memanfaatkan waktunya dengan baik.
.
Ali bin abi thalib berkata :

Al waqtu kas saifi, wain lam taqtho'haqotho'aka.

Artinya: waktu adalah pedang, jika kamu tdak memotongnya maka akan memotongmu .
.
Maksudnya :Jika kita tidak memanfaatkan waktu dengan sebaik baiknya, maka kita akan binasa sebagaimana binasanya seseorang yang terkena sabetan pedang
Jika kita tidak segera menghindar dan melawannya maka pedang akan memotong dan mencabik-cabik kita, karena waktu bagaikan pedang yang membunuh.
.
Waktu akan selalu berlalu dan tidak akan kembali lagi, kesempatan yang ada harus di manfaatkan manusia untuk memberbanyak bekal untuk kehidupan akhirat, kesempatan itu hanya di batasi kematian yang ita sendiri tidak tau kapan datangnya. Dunia adalah ladang untuk beramal untuk bekal kehidupan akhirat
.
Jagalah lima perkara sebelum datangnya lima perkara
Waktu sehatmu sebelum waktu sakitmu
Waktu luangmu sebelum waktu sibukmu
Waktu mudamu sebelum waktu tuamu
Waktu kayamu sebelum waktu miskinmu
Waktu hidupmu sebelum waktu matimu
.
Semua amalan akan terputus kecuali 3 perkara
- Ilmu yang bermanfaat
-anak sholeh yang mau mendoakannya
- amal jariyah
.
C. Nabi Luth A.S
Adalah salah satu Nabi dan Rasul yang di Utus Allah. Di utus untuk kaum Sodom. Kehidupan kaum sodom sangat makmur, kitanya indah, banyak di beri anugerah dari Allah. Di tengah kota ada sungai yang mengalir di kelilingi pohon-pohon yang hijau. Meskipun begitu kaum sodom tidak mau bersyukur kepada Allah .
.
Nabi Luth A.S selalu menggunakan waktu yang di anugerahkan Allah kepadanya untuk berdakwah, mengajak berbuat kebaikan. Akan tetapi kaum sodom tidak memperdulikan  dengan kesombongan malah melakukan kejahatan antara lain merampok, berkhianat terhadap teman dan berwasiat dalam kemungkaran dan melakukan kejahatan yang bahkan belum pernah di lakukan manusia. 
.
Hari berganti hari, bulan tahunpun berganti tidak juga menyadarkan mereka pada akhirnya mereka menantang azab Allah dan mengatakan kepada Nabi Luth A.S " Datangkan siksaan Allah SWT. Hai Luth jika sekiranya engkau orang yang benar. Akhirnya Nabi Luth  menyerahkan semua urusannya kepada Allah SWT " ya Allah tolonglah aku dengan menimpakan azab atas kaum yang berbuat kerusakan"

Permohonan Nabi Luth A.S pun di kabulkan Allah, Allah memerintahkan Nabi Luth AS dan kaumnya yang sholeh untuk meninggalkan kota tengah malam. Dan setelah fajar datang (Shubuh) Allah menimpakan azab yang dasyat kepada kaum Sodom bergetarlah dengan dasyat bumi dan seisinya getaran itu lebih hebat dari gempa bumi yang pernah terjadi  di iringi dengan angin kencang dan hujan batu. Akhirnya musnah sudah kaum Sodom yang durhaka itu dan kejadian tersebut menghancurkan kota kaum Sodom yang indah.
.
D. Tambahan Untuk penjelasan Materi
1. Ingatkan tentang sifat-sifat Rasul
2. Riya adalah ingin perbuatannya di lihat orang.
3. Ketika manusia sudah meninggal manusia di tempatkan di alam bazrah. (Tambahkan materi tentang hari kiamat terutama penjelasan surga dan neraka)
4.adab bersikap kepada orang tua, guru dll
5. Sedikit penjelasan sholat dan tempat ibadah sebagai wacana ibadah yang di lakukan untuk memanfaatkan waktu
6. Bersyukur dan Balasan bagi orang yang tidak bersyukur adalah azab yang pedih
7. Kewajiban sebagai anak, sebaigai pelajar dan sebagai hamba Allah.
8. Penjelasan sedikir tentang dimana Al Qur'an turun dan jibril dan para malaikat lainnya.
8. Artikan perkata
9. Ajarkan cara menyambung Huruf Hijaiyah.

0 Comments:

Posting Komentar